Sistem Komputer
Sebuah sistem komputer terdiri dari:
Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak)
dan Brainware,sedangkan
Software dapat dikelompokkan menjadi:
Operating System Software,
Programming Language Software
Application Program Software.
Sebuah sistem komputer terdiri dari:
Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak)
dan Brainware,sedangkan
Software dapat dikelompokkan menjadi:
Operating System Software,
Programming Language Software
Application Program Software.
Definisi Program
Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri
yang biasanya disebut source code yang
dibuat oleh programmer (pembuat program).
Program adalah kumpulan instruksi atau
perintah yang disusun sedemikian rupa
sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat
untuk menyelesaikan suatu persoalan.
(Menurut P. Insap Santosa).
Instruksi (statement) yang dimaksud adalah
• syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa
pemrograman yang digunakan.
Mempunyai komponen-komponen : Input,
• Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman
Adalah alat
untuk membuat program
• Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic,
• Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.
Perbedaan: cara memberikan instruksi
• Persamaan: bertujuan menghasilkan
• output yang sama
Paradigma Pemrograman
Pemrograman Prosedural
• Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
•Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi
data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan
secara berurutan.
Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa
yang sudah diubah.
Pemrograman Fungsional
Berdasarkan teori fungsi matematika
• Fungsi merupakan dasar utama program.
Pemrograman Terstruktur
•Secara berurutan dan terstrukrtur.
•Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
•Contoh: PASCAL dan C
Pemrograman Modular
•Pemrograman ini membentuk banyak modul.
•Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang
berdiri sendiri
•Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
•Contoh: MODULA-2 atau ADA
Pemrograman Berorientasi Obyek
•Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana
obyek memiliki data/variabel/property dan
method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
•Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
Pemrograman Berorientasi Fungsi
•Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu
saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan
bahasa pemrograman ini.
•Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML
dan lain-lain.
Pemrograman Deklaratif
•Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah
dengan pernyataan daripada memecahkan masalah
dengan implementasi algoritma.
•Contoh: PROLOG
Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)
Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan
•Siklus diatas, Algoritma Pemrograman
menempati posisi dibagian implementasi
karena bagian implementasi merupakan
bagian dimana pemrogram melakukan proses
coding (pembuatan program).
Algoritma
Game :
• Use Your Mind!
Seberangkan 3 kanibal dan 3
misionaris dari kanan ke kiri
menggunakan perahu
Jika jumlah kanibal > jumlah misionaris,
maka misionaris akan dimakan
Perahu hanya muat untuk 2 penumpang
SOLUSI
Contoh Algoritma
Memasak.
•Jika seseorang ingin mengirim surat kepada
•kenalannya di tempat lain, langkah yang
harus dilakukan adalah:
•Menulis surat
•Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup
•Amplop ditempeli perangko secukupnya.
•Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya
Dalam bidang komputer, algoritma sangat
•diperlukan dalam menyelesaikan berbagai
masalah pemrograman, terutama dalam
komputasi numeris.
Tanpa algoritma yang dirancang baik maka
•proses pemrograman akan menjadi salah,
rusak, atau lambat dan tidak efisien
Manusia - Komputer
Pelaksana algoritma adalah
Komputer.
•Manusia dan komputer berkomunikasi dengan
cara: manusia memberikan perintah-perintah
kepada komputer berupa instruksi-instruksi yang
disebut program
•Alat yang digunakan untuk membuat program
tersebut adalah bahasa pemrograman.
•Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam:
C, C++, Pascal, Java, C#, Basic, Perl, PHP, ASP,
JSP, J#, J++ dan masih banyak bahasa lainnya.
Dari berbagai bahasa pemrograman cara
memberikan instruksinya berbeda-beda namun
bertujuan menghasilkan output yang sama
Kriteria Algoritma
(Donald E. Knuth)
Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih
•inputan dari luar.
Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah
•output keluaran.
Definiteness
(pasti): algoritma memiliki instruksi-
•instruksi yang jelas dan tidak ambigu.
Finiteness
(ada batas): algoritma harus memiliki titik
•berhenti (stopping role).
Effectiveness
(tepat dan efisien): algoritma sebisa
•mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif.
Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0
atau A = A * 1
Namun ada beberapa program yang memang dirancang
untuk
unterminatable
: contoh Sistem Operasi
Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri
yang biasanya disebut source code yang
dibuat oleh programmer (pembuat program).
Program adalah kumpulan instruksi atau
perintah yang disusun sedemikian rupa
sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat
untuk menyelesaikan suatu persoalan.
(Menurut P. Insap Santosa).
Instruksi (statement) yang dimaksud adalah
• syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa
pemrograman yang digunakan.
Mempunyai komponen-komponen : Input,
• Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman
Adalah alat
untuk membuat program
• Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic,
• Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.
Perbedaan: cara memberikan instruksi
• Persamaan: bertujuan menghasilkan
• output yang sama
Paradigma Pemrograman
Pemrograman Prosedural
• Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
•Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi
data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan
secara berurutan.
Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa
yang sudah diubah.
Pemrograman Fungsional
Berdasarkan teori fungsi matematika
• Fungsi merupakan dasar utama program.
Pemrograman Terstruktur
•Secara berurutan dan terstrukrtur.
•Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
•Contoh: PASCAL dan C
Pemrograman Modular
•Pemrograman ini membentuk banyak modul.
•Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang
berdiri sendiri
•Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
•Contoh: MODULA-2 atau ADA
Pemrograman Berorientasi Obyek
•Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana
obyek memiliki data/variabel/property dan
method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
•Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
Pemrograman Berorientasi Fungsi
•Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu
saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan
bahasa pemrograman ini.
•Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML
dan lain-lain.
Pemrograman Deklaratif
•Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah
dengan pernyataan daripada memecahkan masalah
dengan implementasi algoritma.
•Contoh: PROLOG
Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)
Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan
•Siklus diatas, Algoritma Pemrograman
menempati posisi dibagian implementasi
karena bagian implementasi merupakan
bagian dimana pemrogram melakukan proses
coding (pembuatan program).
Algoritma
Game :
• Use Your Mind!
Seberangkan 3 kanibal dan 3
misionaris dari kanan ke kiri
menggunakan perahu
Jika jumlah kanibal > jumlah misionaris,
maka misionaris akan dimakan
Perahu hanya muat untuk 2 penumpang
SOLUSI
Contoh Algoritma
Memasak.
•Jika seseorang ingin mengirim surat kepada
•kenalannya di tempat lain, langkah yang
harus dilakukan adalah:
•Menulis surat
•Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup
•Amplop ditempeli perangko secukupnya.
•Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya
Dalam bidang komputer, algoritma sangat
•diperlukan dalam menyelesaikan berbagai
masalah pemrograman, terutama dalam
komputasi numeris.
Tanpa algoritma yang dirancang baik maka
•proses pemrograman akan menjadi salah,
rusak, atau lambat dan tidak efisien
Manusia - Komputer
Pelaksana algoritma adalah
Komputer.
•Manusia dan komputer berkomunikasi dengan
cara: manusia memberikan perintah-perintah
kepada komputer berupa instruksi-instruksi yang
disebut program
•Alat yang digunakan untuk membuat program
tersebut adalah bahasa pemrograman.
•Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam:
C, C++, Pascal, Java, C#, Basic, Perl, PHP, ASP,
JSP, J#, J++ dan masih banyak bahasa lainnya.
Dari berbagai bahasa pemrograman cara
memberikan instruksinya berbeda-beda namun
bertujuan menghasilkan output yang sama
Kriteria Algoritma
(Donald E. Knuth)
Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih
•inputan dari luar.
Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah
•output keluaran.
Definiteness
(pasti): algoritma memiliki instruksi-
•instruksi yang jelas dan tidak ambigu.
Finiteness
(ada batas): algoritma harus memiliki titik
•berhenti (stopping role).
Effectiveness
(tepat dan efisien): algoritma sebisa
•mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif.
Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0
atau A = A * 1
Namun ada beberapa program yang memang dirancang
untuk
unterminatable
: contoh Sistem Operasi
1 komentar:
. JGN siia2 khand wkTu u/ membaca ........
^_^
Posting Komentar